Author: Ayu Arman Genre:
Rating

Agus Ambo Djiwa adalah sosok yang berdedikasi tinggi dalam mengemban tugasnya sebagai kepala daerah. Ia hadir dengan ketulusannya, memperjuangkan kemandirian dan kesejahteraan tanah kelahirannya—Mamuju Utara.

Gerakan membangun perdesaan—GEMA D SMART—adalah salah satu program konkret dalam kepemimpinannya. Agus membangun kemandirian daerahnya dengan mengoptimalkan sector pertanian dan perkebunan sebagai “primer mover” yang ia wujudkan dalam program –program gerakan desa.

Dalam waktu sepuluh tahun, perlahan namun pasti, wajah Kabupaten Mamuju Utara kini berubah 90 persen. Sejumlah faslitas pemerintah maupun social, fasilitas keagamaan, dan fasilitas pengembangan ekonomi masyrakat telah dibangun di sana. Bahkan pertumbuhan ekonomi Mamuju Utara telah mencapai 16 persen di atas jauh pertumbuhaan ekonomi nasional.

Agus dinilai berhasil, membawa Mamuju Utara yang dulu berstatus daerah tertinggal menjadi daerah maju. Kesederhanaan dan ketenangannya adalah salah satu kunci sukses dalam kepemimpinannya. Agus tahu kapan harus sabar dan atraktif. Ia tahu kapan tegas, tenang, dan marah dalam situasi yang tepat. Dan ia tahu bahwa Mamuju Utara adalah daerah yang memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah ruah, yang harus dikelola demi kesejahteraan masyarakatnya.

Inilah jejak langka anak Sarudu dalam mengarungi samudra kemerdekaan tanah kelahirannya; Mamuju Utara

 

Leave a Reply