Author: Ayu Arman Genre:
Rating

Jangan pernah lelah berjuang,
teruslah berkarya demi Majukan olehmu tanah air kita.
Prof. Dr. Hj. Kemala Motik. SE, MM.
****

Meski telah sukses memimpin dua perusahaan besar, PT Rulan Jaya dan PT PT Arrish Rulan menembus pasar internasonal, Kemala tidak tenggelam dalam kemewahan yang melenakan. Baginya, hidup tanpa memperjuangkan sesuatu adalah hampa. Pilihan itu barangkali didasari oleh jiwa Kemala yang cenderung selalu berusaha memahami lingkungan dan keadaan yang terus berubah.

Seperti ketika berkunjung ke berbagai daerah, Kemala selalu menyaksikan aktivitas jual-beli di pasar-pasar tradisional kebanyakan dilakukan perempuan. Disinilah Kemala melihat bahwa perempuan sesungguhnya penggerak roda ekonomi di akar rumput, sayangnya mereka belum terperdayakan dengan baik.

Melihat realitas itu, Kemala tergerak memperjuangkan kemajuan para pengusaha perempuan Indonesia dengan mendirikan IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia) pada tahun 1975 di Jakarta, yang kemudian diikuti. berdirinya IWAPI di seluruh pelosok daerah.

Kerja kerasnya membangun dan menggerakkan IWAPI mengantarkan Kemala menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) di masa Orde Baru periode 1982 – 1987, dan kemudian diangkat kembali pada masa transisi reformasi, 1997 – 1999. Di tahun 1982-1985, ia juga terpilih menjadi Ketua Kompartemen Pendidikan dan Latihan di Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia

Kiprah Kemala ternyata tidak berhenti pada bisnis dan politik saja. Ia juga terjun dalam dunia pendidikan secara professional. Ia mendirikan Universitas Indonesia Esa Unggul. Sebuah perguruan tinggi yang dikonsep untuk mencetak anak-anak muda Indonesia menjadi pemimpin bisnis yang berwawasan internasional. Ia sadar bahwa SDA (sumber daya alam) bukanlah satu satunya kekayaan utama Indonesia. Kekayaan bangsa Indonesia ada pada manusianya. Jika manusia Indonesia terdidik dengan baik, maka bangsa pun akan maju.

Kini, Indonusa Esa Unggul pun telah berkembang menjadi universitas yang sangat maju dan diperhitungkan di Indonesia. Ada banyak penghargaan yang telah diraihnya. Dan lulusannya pun banyak yang kini menjadi pengusaha sukses.

Keberhasilan itu tentu tidak lepas dari sosok Prof. Dr. Kemala Motik, SE, MM, yang tak hanya dikenal sebagai pengusaha perempuan yang sukses. Ia juga seorang pemimpin yang tangguh, politikus yang berhati mulia, pendidik yang berkarakter, dan juga guru besar pencetak kader bangsa. Buku ini merupakan rekam jejak Kemala dalam berkarya. Satu persatu, kisah dan rahasia dalam hidupnya pun dibeberkan agar menjadi inspirasi, motivasi, dan pembelajaran bagi siapa saja yang membacanya.***

.

2 Responses so far.

  1. Web Hosting says:

    Sebagai anak tertua dari delapan bersaudara, Kemala Motik sejak kecil sudah dididik agar menjadi pemimpin dan teladan bagi adik-adiknya. Kehidupan masa kecilnya, tinggal di daerah Menteng yang berkecukupan, tidak membuat keluarga ini menjadi sombong dan hanya memikirkan diri sendiri. “Mungkin karena nama ayah saya, itu yang membuat kami sekeluarga tidak mau hanya memikirkan diri sendiri,” katanya dalam percakapan dengan

  2. Web Hosting says:

    Karena kebanggaan dan kecintaan Sang Ayah terhadap cita-cita terbentuknya sebuah bangsa dan negara yang pada waktu itu belum ada nama Indonesia, Sang Ayah mengubah nama dari Baharuddin Rahman menjadi Motik yang artinya “Majukan Olehmu Tanah air Indonesia Kita”.

Leave a Reply