Author: Ayu Arman Genre:
Rating

“Tugas dokter tidak hanya identik dengan orang sakit. Orang sehat pun bisa menjadi segmentasi yang besar bagi para dokter. Orang sehat membutuhkan perawatan. Karena semua orang pada dasarnya ingin tampil sehat dan cantik.”

dr. Moch. Affandi, Sp.KK (K)

 

Jauh sebelum klinik kecantikan kulit berkembang  dan bertebaran seperti saat ini, dr. Moch. Affandi, Sp.KK(K)  telah meyakini,  bahwa kelak kesehatan dan kecantikan kulit akan menjadi sesuatu yang sangat booming di Indonesia. Karena itu, dermatolog lulusan UNDIP Semarang (1981) ini sangat serius dan konsisten mengembangkan ilmu kosmetik-medik dan membuka praktik pribadi sebagai dokter ahli spesialisasi kulit. Inilah babakan pertama ia merintis estetika kulit di rumahnya, di Jalan Letnan S. Parman 16 A, Semarang, Jawa Tengah. Langkah yang belum pernah ditempuh oleh senior-seniornya di Semarang.

Ide dan langkanya  itu mulanya  menjadi  bahan tertawaan  bagi para sahabatnya.  Mereka menganggap bahwa kosmetik dan perawatan kulit itu urusan tukang salon, yang tidak layak masuk  ke ranah  ilmiah.  Namun,  ia pantang  membelokkan  niat, tetap bersikeras  menekuni secara  otodidak  dengan  buku-buku  kedokteran,  kecantikan,  kefarmasian,  skin aesthetic dan disorder yang lebih mendalam. Lalu ia membuat formulasi dan hipotesa dari bahan atau zat yang dimungkinkan bisa mengobati kulit berjerawat dan peremajaan pada kulit yang kusam, bervlek hitam. Eksperimen pun dilakukan hampir selama dua tahun, sampai mendapatkan hasil yang benar-benar memuaskan.

Dan hasilnya, mengagumkan. Para pasiennya merasa cocok dengan ramuan produk kosmetik racikan ini. Formula yang diraciknya ampuh untuk obat jerawat dan menstimulasi regenerasi wajah sehingga terlihat lebih segar, mulus dan bercahaya. Praktik pribadinya kemudian dikonsep dengan  mengharmonisasikan  unsur medis  dan perawatan  ala kecantikan.  Sehingga  tanpa sebuah iklan atau promosi, pasien yang datang tak hanya dari penjuru negeri ini, melainkan meluas hingga Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura sampai Hongkong.

Kiprah Affandi telah berhasil memotivasi banyak dokter untuk mengasah kemampuan menjadi entrepreneur di bidang kecantikan medis. Konsep dan produk ciptaannya juga terbukti telah membawa kesuksesan pada banyak orang.

Buku ini merupakan rekam jejak dr. Moch. Affandi Sp.KK(K).  Satu persatu, kisah dan rahasia dalam hidupnya dibeberkan agar menjadi motivasi bagi yang lain. Perjalanannya yang sukses akan mengilhami siapa saja yang membacanya. Tak hanya bagi mereka yang berminat pada bidang kecantikan kulit, sebab di sini juga diungkap bagaimana  dr. Moch. Affandi, Sp.KK(K) pernah menghadapi hidup yang sulit. Kalau ia telah berhasil mengembangkan dan mengelola praktik pribadinya, yang kini bermetamoforsis menjadi klinik ESTETIKA, itu semata-mata karena perjuangannya yang intens.

Penerbit: nala publishing | 2013 | 360 hlm | 18 x 23 cm |

2 Responses so far.

  1. Ling Tan says:

    Menyambut dengan gembira diterbitkannya “From Deep Inside”., buku biografi dr. Moch. Affandi, Sp KK (K).
    Felisitas kepada penulisnya, Ayu Arman, temanku yg kukagumi.
    Semoga tercapai sukses yang besar. Insha Allah.

  2. admin says:

    Rama, terima kasih. Rama, nanti buku ini saya kasih khusus buat rama ya. Ini tokoh menarik dari semarang, yang memprakasai ilmu kosmetik medik. Berkarya karena cari makannya lewat menulis rama, ya, jadinya, menulis terus untuk hidup yang lebih baik.

    salam

Leave a Reply